Candi Selogriyo

Foto by www.tuguwisata.com

Terletak di lereng timur kaki Gunung Sumbing, candi ini berdiri dengan megahnya dan berusia ratusan tahun. Lokasi candi ini ada di dusun Campurejo, desa Kembangkuning, kec Windusari, tetapi sangat dekat dekat dengan Perumahan Syariah Grand Syafa Madina, kurang lebih hanya 4 km. Candi Selogriyo adalah sebuah peninggalan purbakala diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu, dahulu menjadi tempat pemujaan para pendeta Hindu yang lebih memilih tinggal di tempat terpencil. Candi ini berada di kaki bukit dan jauh dari pemukiman penduduk, tentunya sangat dekat dengan sumber mata air.

Foto by http://hotel-management.binus.ac.id

Bagi yang suka berwisata alam sambil hiking tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Dari gapura pintu masuk selogriyo perjalanan masih ditempuh 1 km dengan berjalan kaki lewat jalan setapak, tetapi jika pandai naik motor bisa sampai tempatnya. Kenapa harus pandai, karena jalan setapak ini lumayan curam melewati bukit juga, ketika hujan akan berlumut penuh lumpur dan tentunya licin. Sepanjang perjalanan sampai Candi kanan kiri ada hamparan sawah yang akan memanjakan mata. Di pintu masuk kedua nanti masih ada tangga untuk bisa ke candinya. Asyik banget pokoknya deh.

Foto by : IG anak dusun

Sebagai wisata yang berupa candi, tiket masuk tergolong murah dibandingkan dengan candi yang lain. Pun sangat bagus pemandangannya, Rasa lelah akan terbayarkan saat sudah tiba di Candi. Oh iya, candi ini menghadap ke timur ya, jadi kalau mau datang kesana sebaiknya sore hari. Tidak panas dan bisa menikmati keindahan maksimal.

Baca Juga  Kesucian Akad

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *