Jangan Menunda Membeli Rumah

Pada hakikatnya kebutuhan manusia adalah sandang, pangan dan papan. Salah satunya adalah rumah yang merupakan kebutuhan wajib bagi orang-orang untuk bisa berkumpul dengan orang terdekat atau keluarga. Tetapi ketika sudah berkemampuan membeli rumah dan sudah cukup, adakalanya kita tidak menunda-nunda membeli rumah. Karena dengan menunda membeli rumah, harga rumah akan naik seiring dengan berjalannya waktu. Jika diamati, kenaikan pertahunnya bisa mencapai 8%.
Keuntungan yang akan didapatkan jika tidak menunda-nunda membeli rumah :

a. Harga sesuai dengan keuangan kita

b. Menabung (Mempunyai properti seperti rumah, sama saja kita menabung untuk masa depan dan harganya akan terus naik)

c. Mempunyai aset

d. Kebanyakan para pencari properti yang suka menunda-nunda membeli properti akan menyesal karena tidak membeli pada waktu yang tepat.

Banyak masyarakat Indonesia yang tinggal dengan orangtua. Hal itu menyebabkan mengapa pikiran soal membeli rumah sendiri tidak dijadikan prioritas. Banyak yang lebih memilih untuk mengedepankan kebutuhan lain seperti membeli kendaraan, pendidikan, atau lainnya.

Perlu diketahui, rumah bukanlah barang murah yang dapat dibeli begitu saja. Diperlukan persiapan keuangan yang matang sehingga dapat mengumpulkannya. Hal inilah yang selalu menjadi momok utama dan membuat orang akhirnya terus menunda untuk membeli rumah.

Seiring berjalannya waktu, ternyata hal tersebut bisa menjadi beban Anda di masa depan, sebab harga rumah terus merangkak naik. Menunda membeli rumah hanya akan memperberat dana yang perlu dikumpulkan, apalagi jika tidak berinvestasi pada instrumen yang memberikan imbal hasil lebih tinggi daripada harga rumah.

Baca Juga  Keajaiban Properti

Sebenarnya rumah adalah aset berharga yang bisa diinvestasikan dan dapat mendatangkan keuntungan. Biarpun belum berkeluarga, belum memiliki pasangan dan anak, jika sudah punya rumah, anda bisa menyewakannya. Pendapatan dari uang sewa tersebut bisa dijadikan pemasukan lebih di samping gaji hasil bekerja Anda.

Jangan sampai Anda terus-menerus untuk membeli rumah walau uang di tabungan sudah cukup. Belum tentu lho uang yang ada sekarang bisa cukup untuk membeli rumah di masa depan. Maka, pikirkanlah untuk berinvestasi secara bijak…

Semakin lama menunda untuk membeli rumah, semakin sulit menjangkau harga rumah dan semakin besar juga dana yang harus disiapkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *