Keuntungan Investasi Property Syariah dan Perumahan Syariah

Saat ini, perkembangan investasi property dan perumahan syariah menjadi pilihan favorit para masyarakat atau investor yang akan berinvestasi. Sekarang sistem syariah juga ikut serta dalam perkembangan investasi property karena memang pada awalnya sistem syariah ini hanya digunakan oleh pihak bank. Banyak sekali investasi yang digunakan oleh masyarakat diantaranya adalah investasi deposito, investasi emas, investasi property dan lain sebagainya. Dari beberapa investasi tersebut, tentu masing-masing investasi memiliki keuntungan yang berbeda-beda.

Investasi property syariah adalah investasi property yang dilakukan atas dasar aturan sesuai dengan aturan agama, dimana semua yang dilakukan harus sesuai termasuk pembelian rumah yang akan digunakan untuk investasi.

Banyak orang yang sudah mengusung prinsip syariah untuk perumahan, hal tersebut diketahui banyak masyarakat yang sudah sadar akan bahayanya ketika melakukan investasi dengan KPR Konvensional dan juga bahaya akan dosa akibat riba.

Pada dasarnya kegiatan investasi dilakukan oleh banyak orang, misalnya saja seorang ibu merawat anaknya dengan harapan ketika besar nanti anaknya akan menjadi sukses dan membahagiakannya. Semua yang dilakukan dengan pengorbanan untuk memperoleh keuntungan di masa depan maka itu juga merupakan investasi.

Investasi property syariah juga biasanya memilih sistem keuangan dengan prinsip syariah, yang mana tida akan menggunakan bunga. Investasi property syariah juga harus menguntungkan semua belah pihak, baik investasi ketika jangka pendek ataupun jangka panjang. Investasi harus diarahkan untuk memiliki return yang halal dan baik serta memiliki kesinambungan.

Baca Juga  Tentang Developer Properti

Hasil yang diperoleh dari investasi juga harus dibagi dengan adil sesuai porsi masing-masing pihak, begitu juga jika mengalami kerugian maka kedua belah pihak harus sama-sama merasakan. Tidak ada yang boleh mendzalimi atau didzalimi. Investasi harus dilakukan dengan jelas, transparan, dan tanpa paksaan dari semua pihak. Prinsip-prinsip syariah diterapkan memiliki tujuan agar semua belah pihak yang terlibat dalam investasi dapat diuntungkan dan terjalin hubungan yang baik, serta mendapatkan penghasilan yang halal.

Keuntungan investasi property dan perumahan syariah

Dari beberapa investasi yang ada, investasi propertilah yang merupakan produk investasi yang memiliki keuntungan lebih yakni sebagai berikut :

1.   Rendah Resiko

Investasi ini memiliki resiko lebih rendah dibandingkan dengan investasi dalam bentuk saham, hal ini disebabkan karena pergerakan nilai property tidak secepat dengan kenaikan saham. Model seperti ini sangat cocok bagi investor yang tidak ingin mendapatkan resiko yang terlalu tinggi.

2.   Memiliki Nilai Tambah

Investasi property dikenal mempunyai nilai tambah yang memang lebih besar, alasannya nilai ini berasal dari pengembangan pembangunan dimana property dibangun diatas tanah kosong yang mana akan dibangun sebuah bangunan yang menghasilkan keuntungan yang berlipat.

3.   Memiliki Keuntungan yang Meningkat

Property ini memiliki nilai yang meningkat setiap tahunya, sistem property seperti sewa dan kontrak makanya setiap tahun harganya bisa naik bahkan lebih dari yang diperkirakan. Selain itu juga property jika dijual maka setiap tahunya akan terus naik.

Baca Juga  Keuntungan Tinggal di Perumahan Islami

Tidak hanya itu saja melainkan investasi property syariah juga menjadi salah satu asset ketika pensiun, ini merupakan pengalokasian dana masa muda yang sangat tepat sekali.

4.   Terlihat Secara Fisik

Investasi property merupakan investasi yang berbeda karena jika investasi berbentuk deposito maka tidak akan terlihat bentuknya. Investasi ini terlihat jelas ada bentuk dan wujudnya oleh karena itu investasi property ini sangat diminati oleh masyarakat.

5.   Investasi Jangka Panjang

Investasi ini memiliki nilai yang jangka panjang, ini merupakan peluang anda untuk mengalokasikan dana di banding dengan investasi deposito atau emas. Selain itu, sifat property juga mampu bertahan lama sekali dan tidak akan mengurangi harganya.

Antara harga jual dan pembelian juga tergolong sangat menguntungkan sekali, sehingga meskipun untuk jangka yang sangat panjang tidak perlu khawatir karena keuntungan yang diperoleh juga semakin tinggi.

6.   Bisa Menghasilkan Pendapatan Tetap

Jika anda sebagai investor yang berpenghasilan tetap maka anda bisa memanfaatkan property, misal investor bisa menyewakan property nya dengan harga sewa yang sesuai dengan kebutuhan. Pembayaran sewa property akan digunakan untuk mendapatkan penghasilan yang tetap bagi investor.

Selain itu juga harga sewa dari tahun ke tahun akan semakin naik, maka penghasilan tetap anda juga akan ikut naik. Ini sama halnya dengan sewa kos kosan. Investasi properti ini bisa dijadikan passive income.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *