Tentang Developer Properti

Developer properti merupakan perusahaan atau perorangan yang bergerak dalam bisnis properti dimana dia menjadi pengembang atau dapat dikatakan sebagai pembangun serta pemasar properti itu sendiri baik berupa perumahan skala besar atau skala kecil. Selain itu, bisnis developer properti bisa disebut sebagai bisnis legalitas karena seluruh aktivitas developer mulai dari membeli tanah hingga membangun dan pemasaran proyek bersinggungan dengan peraturan, baik berupa undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan peraturan daerah.

Terdapat beberapa hal yang harus diketahui untuk menjadi developer properti di Indonesia. Saat ini pemerintah Republik Indonesia mewajibkan orang atau kelompok orang yang akan menjalankan bisnis sebagai developer properti di dalam satu wadah dengan legalitas penuh misalnya CV atau PT. Namun lebih disarankan untuk berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Illustrasi Developer Property

Menjadi developer properti sebenarnya tidak terlalu sulit karena sebenarnya dengan pengalaman di bidang tersebut, semua orang bisa menjadi seorang pengembang properti. Masalah yang muncul ketika ingin menjadi seorang atau perusahaan developer properti di Indonesia adalah dana yang fantastik. Disini dana fantastik dapat dijadikan sebagai pancingan atau pembuka jalan. Misalnya saja dalam hal pembebasan tanah, jika posisi tanah merupakan tanah yang strategis itu akan menjadi hal yang sangat sulit. Karena didalamnya tidak hanya bermain segelintir orang sebagai pemilik, atau penguasa daerah tetapi beberapa kompetitor juga akan ikut campur di dalamnya.

Baca Juga  Tips Berinvestasi Properti

Kenapa saya katakan bahwa bisnis developer properti adalah bisnis yang padat modal? Karena untuk mengembangkan sebuah proyek properti dibutuhkan modal besar. Kebutuhan modal utama yang wajib disediakan adalah uang untuk mengakuisisi lahan.
Bisnis developer properti adalah bisnis jangka panjang. Panjangnya waktu pengelolaan proyek karena banyak tahapan yang harus dilalui oleh seorang developer dalam mengembangkan proyek, dimana setiap tahapan membutuhkan rentang waktu tertentu.

Keuntungna yang diraih juga bukan skala kecil. Menjadi developer properti artinya kita bisa mengendalikan pasokan dari mulai bahan baku, hingga ke tahap pemasyarakatannya. Umumnya cepat atau lambatnya pengerjaan proyek tergantung kepada penjualan. Jika penjualan bagus, maka proyek cepat selesai begitu sebaliknya, jika penjualan proyek tidak sesuai dengan keinginan menyebabkan proyek lambat selesainya, tertatih-tatih, bahkan mangkrak.

Bisnis Property

Menjadi pengembang membutuhkan mental yang kuat, apalagi ketika proyek mengalami hambatan. Karena perjalanan sebuah proyek properti tidak selalu mulus, banyak kemungkinan halangan yang akan menghampiri. Memang melakukan hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi  seperti sudah dikatakan tadi dalam permasalahan dan keuntungan sangatlah menarik siapapun yang ingin memiliki penghasilan cukup tinggi. Karena bisnis properti memang terbilang bisnis tinggi, selalu berhati hatilah dalam setiap langkah yang akan diambil.

Developer properti dikhususkan kepada developer perumahan harus memahami aspek dasar bisnis developer properti. Pemahaman aspek-aspek ini wajib hukumnya agar proyek berjalan sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *