Tips Berinvestasi Properti

Tips Berinvestasi Syariah - Grand Syafa Madina

Salah satu properti baik yaitu berupa rumah, kendaraan, dan sebagainya. Sebagai pemula, Anda jangan mengambil langkah terburu-buru karena banyak hal yang harus dipelajari sebelum membeli suatu properti. Perlulah mengatur strategi yang tepat untuk meraih keberhasilan properti Anda.

Proses pembelian properti tidaklah mudah, terkadang ada proses panjang yang harus dilewati. Selain itu, perhatikan juga cara pembayaran yang akan dipilih. Terdapat beberapa pelajaran yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum meraih properti pertama kali. Berikut langkah-langkah yang memudahkan Anda berinvestasi properti bagi pemula.

Pemilihan Lokasi

Lokasi adalah salah satu penentu ketika hendak melakukan pembelian rumah. Banyak orang yang memutuskan untuk membeli rumah karena lokasinya yang strategis. Oleh karena itu, lokasi menjadi faktor utama oleh sebagian orang ketika membeli rumah. Lokasi dapat mempengaruhi harga jual suatu rumah karena merupakan akses untuk ke berbagai tempat. Misalnya akses dari lokasi menuju transportasi, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.

Ketersediaan Dana

Biaya menjadi salah satu faktor penentu orang dalam membeli properti. Selain biaya pokok yang dikeluarkan, ada juga biaya ekstra yang menjadi kewajiban. Terkadang jumlahnya yang tidak sedikit membuat orang awam kaget karena baru pertama kali membeli.

Biaya pembelian properti yang menjadi kewajiban pembeli, antara lain:

  • Uang Tanda Jadi – biasanya ditentukan oleh para pengembang. Namun apabila membeli properti tidak melalui pengembang, melainkan melalui pasar sekunder, maka uang tanda jadi ini dapat ditentukan oleh penjual properti. Uang tanda jadi merupakan bentuk kejelasan dalam membeli rumah, seperti halnya biaya booking atau pemesanan.
  • Uang Muka – Kewajiban selanjutnya jika memang jadi membeli rumah, ialah melunasi uang muka jika membeli kepada pengembang. Sedangkan jika melalui pasar sekunder, besarnya uang muka berkisar antara 20 – 50% dan ini umumnya ditentukan oleh pihak bank yang bersangkutan.
  • Angsuran – Besar tiap angsuran tidak lebih dari sepertiga gaji Anda sendiri atau bersama pasangan.
Baca Juga  Keajaiban Properti

Pengembang Terbukti Terpercaya

Jangan langsung percaya begitu saja dengan pengembang yang sudah terkenal namanya, kredibel dan bonafit. Anda harus tetap menyelidiki dan mencari sebanyak – banyaknya informasi. Pastikan kejelasannya. Pilihlah yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam bidang properti, minimal 4 tahun.

Pastikan Surat Pembelian Tanah

Jangan lupa untuk mengamati sertifikat tanah pengembang dengan teliti. Bisa ditanyakan hal tersebut melalui notaris yang mengurus akta tanah. Bukti surat-surat tersebut menentukan status tanah yang akan dikembangkan. Tidak cukup hanya memastikan status satu kavling tanah, tetapi semua kavling pada perumahan tersebut harus dipastikan dengan teliti.

Cek Harga Pasar

Cari tau banyak informasi mengenai harga pasar sebelum anda memutuskan membeli rumah, bisa lewat langsung bisa searcing melalui media online. Dengan begitu anda akan bisa memilih harga yang tepat dan seuai dengan properti yang akan anda beli.

 

534107399

Jadilah pembeli yang cerdas agar mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan dan terhindar dari berbagai tindak penipuan. Selamat berinvestasi properti 🙂 🙂 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *