Tips Memilih Rumah

Tips Memilih Rumah

Semakin bertambahnya penduduk tidak dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan perumahan pun semakin meningkat. Dewasa ini banyak bisnis perumahan menjamur dimana-mana. Tetapi ada baiknya dipahami dulu cara tepat memilih rumah agar tidak tertipu. Karena, nantinya akan dipakai selamanya kalaupun mau buat investasi juga akan laku mahal ketika dijual kembali apabila memilihnya tepat.

Tahapan apa saja yang ditempuh dalam memilih rumah? Berikut akan kami paparkan lebih detail:

1. Pilih Lokasi

Hal yang pertama dilakukan adalah memilih lokasi, pastikan likasinya strategis dan nyaman untuk di huni. Lokasi yang strategis ketika akan di jual kembali pun harganya akan naik.

2. Memahami Visi Misi Proyek Perumahan

Melihat dan memahami visi misi ini penting karena nantinya akan berhubungan dengan sistem dan proyek pembangunan perumahan itu sendiri. Dari sana akan tergambar tema atau konsep hunian itu nantinya seperti apa.

3. Menghubungi Kantor Pemasaran

Setelah lokasi cocok tips selanjutnya yaitu hubungi marketing pemasaran bila perlu langsung datang ke kantor pemasaran. Hal ini dilakukan agar lebih jelas mengenai konsep dan produk perumahan yang akan di jual. jangan lupa tanyakan juga mengenai Ijin lokasi dan lain sebagainya agar tidak tertipu di kemudian hari. Jangan sampai salah langkah sudah dibeli ternyata belum ada ijinnya.

4. Status Rumah

Selanjutnya melihat status rumah yang akan anda beli. Biasanya ada dua hal yaitu rumah siap huni dan inden. Rumah siap huni adalah rumah yang sudah siap untuk ditempat. Biasanya pembeli diperbolehkan melihat rumah secara langsung. Rumah inden biasanya pembeli hanya bisa milih lokasi yang tertera di siteplan perumahan kemudian menunggu dalam jangka waktu yang telah di tentukan untuk proses pembangunan. 

Baca Juga  Ciri Perumahan Ramah Lingkungan

Dalam memilih rumah yang masih bentuk lahan atau sistem inden itu biasanya jauh lebih murah dan kalau di jual kembali juga akan lebih banyak keuntungan yang akan di dapat. Karena harga rumah semakin kesana dari tahun ke tahun akan semakin naik.

5. Fasilitas Perumahan

Fasilitas merupakan hal penting yang harus ditanyakan kepada pihak developer atau agency marketing perumahan. Fasilitas yang memadai biasanya banyak peminatnya. Misalnya saja Fasilitas yang ada di Grand Syafa Madina, ada Masjid Raya, Rumah Tahfidz, Play Ground, Convention Hall, one Gate Security, 

6. Kualitas bangunan Rumah

Sangat penting memperhatikan kwalitas baik dari kualitas model desain rumah, fisik rumah, aspek jalan dan lingkungan. Kualitas ini sangat berpengaruh untuk rumah hunian maupun untuk investasi.

7. Harga Rumah

Sebelum membeli rumah di perumahan, ada baiknya bertanya dulu kepada Developer atau pihak penjual rumah tentang harga rumah dan tata cara pembayarannya. Telitilah dalam bertanya tentang beberapa hal misalnya PPN 10% sudah termasuk atau belum, Biaya Notaris, dll.tanyakan dengan detail agar tidak terjadi kesalahfahaman di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *